Mencegah & Mengatasi Biang Keringat pada Balita


Bunda, pasti sang buah hati pernah mengalami biang keringat terutama saat cuaca panas. Ini memang bukan penyakit berbahaya dan bukan pula penyakit yang susah diobati, Tetapi bila mengalaminya akan cukup tersiksa apalagi bayi.

Biang keringat biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori sehingga keringat tidak bisa keluar dengan bebas. Ini diperparah jika keadaan udara panas dan lembab, maka keringat akan semakin banyak keluar. Bayi biang keringat biasanya rewel karena badannya gatal-gatal sedangkan mereka belum bisa harus bagaimana. Kulit pada bayi biang keringat tampak berbintik-bintik putih dan merah serta terasa gatal, terutama saat udara panas.

Bagian yang terkena biang keringat tidak hanya kulit wajah saja, tetapi juga leher, punggung, dada, tangan, dan kepala. Sehingga tidak heran jika buah hati kita rewel saat biang keringatnya kambuh. Ada beberapa cara mengatasi biang keringat baik sebelum terkena ataupun ketika sudah terkena.

Cara Mencegah Biang Keringat :

1. Jagalah kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan sekitar bayi Anda. Mandikanlah bayi Anda dengan rutin 2 kali dalam sehari. Jika udara panas dan lembab yang membuat buah hati banyak berkeringat, sering-seringlah mengelap badannya supaya badannya tidak basah dengan keringat yang bisa menyebabkan bayi biang keringat.

2. Berilah bayi pakaian yang tidak terlalu tebal, longgar, dan mudah menyerap keringat misalnya dengan pakaian dari bahan katun. Jangan memberinya pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Berilah kelonggaran pada bayi Anda dan usahakan udara bisa bebas melewati antara sela-sela baju.

3. Gantilah baju bayi Anda dengan rutin atau jika telah kotor dan basah dengan keringat. Cucilah baju bayi Anda hingga bersih dan seterikalah supaya rapi dan kuman-kumannya hilang.

4. Buatlah sirkulasi udara yang baik di rumah Anda atau kamar bayi supaya udara dalam kamar tidak panas dan juga tidak lembab.

Cara Mengobati Biang Keringat :

1. Jika bayi biang keringat, berilah obat gatal untuk mengurangi rasa gatalnya. Pilihlah obat gatal yang aman untuk bayi dan ini bisa ditanyakan kepada dokter atau apoteker.
Obat gatal ini bisa berupa bedak tabur ataupun bedak cair yang biasanya mengandung salisil.

2. Jika menginginkan obat gatal yang alami, Anda bisa membuatnya sendiri. Ada beberapa resep mengatasi biang keringat, yaitu dengan memberi kulit bayi yang gatal dengan tepung tapioka yang dicampur air. Tapioka bersifat dingin sehingga diyakini dapat mendinginkan kulit.
Resep lainnya adalah dengan melumatkan timun kemudian dicampur dengan tepung beras, lalu dioleskan ke bagian yang gatal.

Semoga bermanfaat ya Bunda :)



( sumber : dokterbayi.com )


Komentar

  1. makasih infonya,
    sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga.

    kalo boleh tahu, gmana ya cara menghilangkan ruam di kulit??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..senang bisa bermanfaat :)
      untuk mengatasi ruam di kulit insyaallah akan saya bahas di postingan selanjutnya.. trimakasih :)

      Hapus
    2. terima kasih mbak...kalo saya biasanya menggunakan bedak salicil saja.

      Hapus
  2. wah bentar lagi kan saya mau punya anak :D hihihi.... makasih kakak.
    jangan lupa mampir balik www.kaze-kate.net :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kaze..trimakasih sdh berkunjung..
      siaapp meluncuur :D

      Hapus
  3. Nice Info............
    Kebetulan anak saya sering mengalami biang keringat/kringet buntet

    Suka banget sama blog ini
    banyak ilmu pengetahuan

    buat para orangtua dan calon orangtua terutama seorang ibu
    wajib mampir diblog ini nih...^_^

    jika berkenan follow my blog :http://annisamuslima.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. +++++++++++++++++
    Jd Pengen cepe2 punya bini, biar dpet anak
    Aamiin :D

    BalasHapus
  5. biang keringatitu apa dalam bahasa jawa, kringet buntet ya mbak?

    BalasHapus
  6. wah bermanfaat sekali artikelnya. Keponakan ssaya kebetulan punya biang keringat banayk sekali, di pakein bedak gata ga mempan2 bisa di coba tipsnya hehe. mampir bu skalian ke web saya http://solusikeringatberlebih.com

    BalasHapus
  7. Iya nih anak sy jg lg kena biang keringat,,yg paling parah di tangannya .udah dapat sembuh eh brp hr kemudian keluar lg biang keringetnya,soalnya cuaca panas binggo...hUuuuffhh,pengalaman sig cukup mempan pake caladine lotion

    BalasHapus
  8. Blog yang sangat bermanfaat, Pengertian Ejakulasi dini adalah sebuah penyakit kelamin yang memang ditakuti oleh sebagian orang karena dapat mengganggu kelamin orang tersebut. Ejakulasi dini sendiri adalah sebuah ciri khas bagi seorang pria. Bagi seorang pria yang memiliki penyakit ini maka sudah pasti dianggap tidak jantan. Oleh karena itu hampir semua pria tidak ingin mengalami hal ini.

    bahaya-dan-cara-mengatasi-ejakulasi-dini-secara-alami Penyakit ejakulasi yang menyerang kelamin ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, namun pada umumnya adalah karena penuaan yang terjadi, tentunya penyebab ini merupakan hal yang wajar seiring dengan menurunnya fungsi seksual seseorang tersebut. Ejakulasi dini juga disebut – sebut sebagai salah satu penyebab ketidakharmonisan yang terjadi pada setiap rumah tangga, hal ini akan menimbulkan tingginya tingkat perceraian yang terjadi pada setiap rumah tangga. Ejakulasi dini ini sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara, yang tentunya harus dilakukan oleh pria untuk meningkatkan fungsi seksual.

    Pengertian Ejakulasi Dini dan Bahayanya

    Sebelum memasuki pengertian tentang salah satu disfungsi seksual yang memang banyak didera oleh manusia ini, anda harus mengenal terlebih dahulu tentang ejakulasi agar paham secara keseluruhan tentang disfungsi organ yang satu ini. Ejakulasi adalah sebuah keadaan dimana keluarnya cairan semen yang didalamnya mengandung sperma, atau sering disebut dengan cairan mani dari organ seksual pria. Hal inilah adalah puncak dari sebuah hubungan intim yang seringkali dilakukan sebagaimana pasangan pada umumnya.

    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Buruk Bila Sering Membentak Anak

Cara Bijak Mengatasi Anak yang suka Memukul

Mengatasi Sariawan pada Balita