Manfaat Berkemah Bersama Anak





Pernahkah Bunda mengajak anak-anak berkemah bersama ? Karena ternyata salah satu cara yang paling menyenangkan untuk mengajari anak cara menjadi mandiri dan kreatif adalah melalui kegiatan berkemah. Ada begitu banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari cara menutup tenda supaya nyamuk tidak masuk membanjiri tenda hingga menyiapkan perlengkapan tidurnya sendiri. Selain itu, anak-anak dapat diajak bertualang di alam sambil belajar membaca peta dan kompas. Hal ini tidak hanya akan mendorong anak untuk menjadi lebih kreatif, tetapi juga mengajari mereka untuk lebih menghargai lingkungan hidup sekitarnya.

Buat berkemah menjadi menarik

Yang membuat berkemah begitu menarik adalah hal ini tidak harus selalu dilakukan dengan bepergian ke area khusus berkemah atau pegunungan. Bahkan, berkemah bisa dimulai dari tempat terdekat yakni halaman belakang rumah sendiri. Dengan demikian, berkemah tetap bisa dilakukan sekaligus mendapatkan keamanan dan kenyamanan. Setelah terbiasa berkemah di halaman rumah dan si kecil sudah menguasai teknik-teknik mendasar yang dibutuhkan untuk berkemah, selanjutnya kegiatan berkemah bisa dilakukan di area berkemah atau kaki pegunungan.

Agar berkemah lebih seru dan ramai, undang juga teman-teman si kecil untuk ikut acara berkemah. Dengan begitu, Bunda bisa membuat beberapa permainan seru yang membutuhkan kerja sama mereka. Atau, Bunda bisa membuat acara petualangan dengan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok dan memberikan tantangan-tantangan yang harus dilewati oleh kelompok tersebut selama petualangan. Tentunya tantangan-tantangan ini harus edukatif, menyenangkan, dan berhubungan dengan lingkungan. Bunda juga dapat bertanya kepada si kecil, siapa tau dia memiliki ide bermain yang tak kalah menarik.


Anak akan belajar banyak

Untuk bisa tahu apakah acara yang Bunda susun sukses menarik anak untuk belajar dari alam, cukup lihat noda-noda yang ada di pakaian setelah acara kemping. Semakin banyak noda di pakaian, berarti semakin besar momen belajar sambil bermain yang dilakukan anak dan teman-temannya. Itu juga menandakan mereka menikmati susunan acara kemping yang Bunda buat.

Jangan khawatir dengan noda-noda tersebut, banyak cara menghilangkannya secara mudah dengan mesin cuci di rumah. Tidak masalah jenis mesin cuci yang Bunda miliki, baik itu mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung sama-sama bisa membantu. Bahkan noda yang paling membandel sekalipun bisa dihilangkan dengan mudah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara menghapus berbagai jenis noda di pakaian menggunakan mesin cuci 1 tabung ataupun jenis lainnya, situs-situs unggulan menyediakan beberapa informasi yang bermanfaat.

Kalau Bunda butuh bantuan untuk membuat acara berkemah yang edukatif dan menyenangkan, sekarang banyak event organizer yang berpengalaman membuat acara persis seperti yang Bunda inginkan. Bunda cukup datang dengan semangat tinggi dan senyum lebar.

Jadi, jangan tunda lagi, adakan kegiatan berkemah secepatnya dan arungi petualangan yang menantang sekaligus menyenangkan. Yuk ajak si kecil berkemah bersama !


( Rinso Indonesia )


   

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Buruk Bila Sering Membentak Anak

Cara Bijak Mengatasi Anak yang suka Memukul

Membersihkan Noda pada Pakaian