Tips Supaya Anak Rajin Sikat Gigi



Bunda, apakah si kecil susah untuk menggosok gigi ? Yuk ajari si kecil untuk rajin menggosok gigi. Sama halnya dengan gigi orang dewasa, gigi si kecil harus di rawat dan dibersihkan secara teratur agar terhindar dari gigi keropos dan berlubang. Rasa sakit yang ditimbulkan gigi berlubang bisa membuat si buah hati malas makan dan beraktifitas. Gigi yang tidak terawat juga dapat mempengaruhi pola makan si kecil, jika giginya habis karena keropos, si kecil akan kesulitan mengkonsumsi makanan bertekstur keras.
Membiasakan si kecil gosok gigi
Sangat disarankan bagi bunda untuk mulai mengajarkan si buah hati menggosok gigi setelah gigi susunya mulai tumbuh. Posisi terbaik untuk menyikat gigi si kecil adalah dengan memangku mereka dan kepalanya berada di dada ayah bunda. Jika si kecil sudah cukup besar, ayah bunda bisa berlutut dibelakang si kecil sambil menengadahkan kepalanya. Ada kalanya si kecil menolak giginya disikat terutama jika tidak dibiasakan sejak kecil. Berikut adalah beberapa tips untuk ayah bunda agar si kecil mau gosok gigi:
1. Libatkan si kecil saat membeli peralatan gosok gigi, berikan kebebasan memilih sikat, pasta gigi, penutup kepala sikat, atau gelas untuk berkumur mana yang ia sukai.
2. Jangan paksa atau ancam si kecil jika dia menolak sikat gigi. Bujuk dan jelaskan manfaat menyikat gigi sesuai dengan pemahamanya. Dampingi si buah hati pada saat menggosok gigi, motivasi dan berikan pujian jika telah selesai.
3. Jika si kecil masih belum siap menggosok gigi, gunakan jari tangan bunda dan kain kasa halus untuk mengelap gigi si kecil, basahi kain kasa dan tambahkan sedikit pasta gigi agar lebih bersih. Yang tidak kalah penting adalah berikan contoh dari ayah bunda. Ayah bunda dapat membiasakan waktu gosok gigi bersama sebelum tidur agar si kecil termotivasi melakukan hal yang sama.
4. Ayah bunda sesekali dapat menggunakan sikat gigi elektrik sebagai variasi agar si kecil tidak merasa bosan.

Tips memilih sikat dan pasta gigi bagi si buah hati

Saat ini telah banyak tersedia di pasaran berbagai jenis dan merek sikat gigi dipasaran, pilihlah sikat gigi dengan ukuran kepala sikat yang cocok dengan  usia si kecil. Pastikan bunda memilih sikat dengan bulu yang halus dengan grip karet dibagian peganganya. Grip karet akan mempermudah si kecil memegang sikat saat digunakan. Setelah menyikat gigi, simpan sikat di tempat tertutup. Untuk pasta gigi, pilihlah jenis yang dikhususkan bagi balita atau anak-anak. Pasta gigi untuk anak-anak biasanya mengandung unsur lebih floride lebih rendah dibanding pasta gigi untuk orang dewasa.

(sumber: liputan 6, balitapedia)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Buruk Bila Sering Membentak Anak

Cara Bijak Mengatasi Anak yang suka Memukul

Membersihkan Noda pada Pakaian